Manusia Berusaha, ALLAH Jualah yang menentukan yang terbaik bagi umat Nya.
Tiada Hari Tanpa Pengabdian

Jumat, 06 April 2012

Muatan Kurikulum 2

1.1.  Pendidikan Keagamaan
  1. Aqidah
  2. Quran/Hadits
  3. Fiqih
  4. SKI
1.2. Bahasa Arab
1.3. Pendidikan Kewarganegaraan
  • Berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif isu kewarganegaraan
  • Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab,bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermassyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Berkembang secara positif  dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
  • Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pealajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
  1. Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi : Hidup  rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebangsaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,Partisipasi dalam pembelaan Negara, sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan.
  2. Norma hukum dan pelaturan meliputi : Tertib dalam kehidupan, keluarga, Tata Tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, system hukum dan peradilan nasional. Hukum dan peradilan internasional 
  3. Hak asasi manusia meliputi : Hak dan  kewajiban aanak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, instrument nasioanal dan internasional HAM,Pemajuan  penghormatan dan perlindungan HAM kebutuhan warga negara meliputi :Hidup gotong royong, harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, Persamaan kedudukan warga Negara.
  4. Konstitusi Negara meliputi : Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, Konstitusi –konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan Dasar Negara dengan konstitusi Pancasila meliputi:  kedudukan  pancasila sebagai dasar Negara dan idiologi Negara, proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara, pengamalan nilai-nilai Pancasila dalal kehidupan sehari-hari, Pancasila seabagai ideologi terbuka 
  5. Globalisasi meliputi : Globalisasi di lingkungannya, Politik Luar Negari Indonesia diera globalisasi, dampak globalisasi, hubungan internasional dan organisasi internasional dan mengevaluasi dan globalisasi
1.4. Bahasa Indonesia
.

Tujuan
  • Berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai etika yang berlaku ,baik secara lisan maupun tulisan.
  • Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia  sebagai bahasa pemersatu dan bahasa Negara.
  • Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
  • Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional serta sosial.
  • Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan,memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbicara.
  • Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut

  1. mendengarkan
  2. Berbicara
  3. Membaca
  4. Menulis.
1.5. Matematika

Tujuan
  • Memahami konsep matematika,menjelaskan keterkaitan antara konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efesien dan tepat dalam pemecahan masalah.
  • Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi,menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematik
  • Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah,merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
  • Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol,table,diagram,atau media lain untuk memperjelas keadaan,atau masalah.
  • Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan,yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Ruang Lingkup

Mata Pelajaran matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek –aspek sebagai berikut.
  1. Bilangan
  2. Geometri dan Pengukuran
  3. Pengolahan data
1.6. Ilmu Pengetahuan Alam

Tujuan
  • Memperoleh keyakian terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha esa berdasarkan keberadaan,keindahan dan keteraturan alam ciptaan Nya
  • Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengembangkan rasa ingin tahu,sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
  • Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar,memecahkan masalah dan membuat keputusan.
  • Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara,menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
  • Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya seabagai salah satu ciptaan Tuhan.
  • Memperoleh bekal pengetahuan,konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi aspek-aspek berikut.
  • Mahluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
  • Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi : cair, padat, gas
  • Energi dan perubahannya meliputi : gaya, bunyi, panas, magnet,listrik, cahaya dan  pesawat sederhana
  • Bumi dan alam semesta meliputi : tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya

1.7. Ilmu Pengetahuan Sosial

Tujuan
  • Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
  • Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis,rasa ingin tahu,inkuiri,memecahkan masalah,dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
  • Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusian
  • Memiliki kemapuan berkomunikasi bekerja sama dan berkopetensi dalam masyarakat yang majemuk,ditingkat local,nasional,dan global.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut ;
  • Manusia,Tempat, dan Lingkungan
  • Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
  • Sistem Sosial dan Budaya
  • Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
1.8. Seni Budaya dan Keterampilan

Tujuan
  • Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
  • Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
  • Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
Ruang Lingkup
  • Seni rupa mencakup pengetahuan,ketrampilan , dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak, mencetak, dan seabagainya
  • Seni musik mencakup kemampuan untuk menguasai olah vocal, mainkan alat musik, apresiasi karya musik
  • Seni tari, mencakup ketrampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
  • Seni drama, mencakup ketrampilan pementasan dengan memadukan seni musik,seni tari dan peran
  • Ketrampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup (life skills ) yang meliputi ketrampilan personal,ketrampilan sosial, ketrampilan vokasional, dan ketrampilan akademi
1.9. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Tujuan
  • Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani dan olah raga yang terpilih.
  • Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
  • Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam penddidikan jasmani,olah raga dan kesehatan.
  • Mengembangkan sikap sportif,jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerja sama, percaya diri dan demokratis.
  • Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri,orang lain dan lingkungan.
  • Memahami konsep aktivitas jasmani dan olah raga di lingkungan yang .bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran.terampil, serta memiliki sikap yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Madrasah Ibtidaiyah Babakan Ranji.