| NILAI | DESKRIPSI | INDIKATOR SEKOLAH | INDIKATOR KELAS |
| 1. Religius | Sikap dan prilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain | a. Merayakan hari-hari besar keagamaan. b. Memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah c. Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah | a. Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran b. Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah. |
| 2.Jujur | Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan,dan pekerjaan | a. penyediakan fasilitas tempat temuan barang yang hilang b. Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala. c. Menyediakan kantin kejujuran d. Menyediakan kotak saran dan pengaduan e. Larangan membawa fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau ujian | a. Menyediakan fasilitas tempat temuan barang yang hilang b. Tempat pengumuman barang temuan atau hilanh c. Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala. d. Larangan menyontek |
| 3. Toleransi | Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya | § Menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas. § Memberikan perlakuan yang sama terhadap stakeholder tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi. | § Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi. § Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus. § Bekerja dalam kelompok yang berbeda. |
| 4. Disiplin | Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. | § Memiliki catatan kehadiran. § Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang disiplin. § Memiliki tata tertib sekolah. § Membiasakan warga sekolah untuk berdisiplin. § Menegakkan aturan dengan memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah. | § Membiasakan hadir tepat waktu. § Membiasakan mematuhi aturan yang berlaku § Memberikan sangsi kepada peaserta didk yang tidak mentaati peraturan § Mengabsen setiuap hari |
| 5. Kerja Keras | Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. | § Menciptakan suasana kompetisi yang sehat. § Menciptakan suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras. § Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang kerja. | § Menciptakan suasana kompetisi yang sehat. § Menciptakan kondisi etos kerja, pantang menyerah, dan daya tahan belajar. § Mencipatakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja. § Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang giat bekerja dan belajar. |
| 6. Kreatif | Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. | Menciptakan situasi yang menumbuhkan daya berpikir dan bertindak kreatif. | § Menciptakan situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya pikir dan bertindak kreatif. § Pemberian tugas yang menantang munculnya karya-karya baru baik yang autentik maupun modifikasi. |
| 7. Mandiri | Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. | Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik. | Menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri. |
| 8. Demokratis | Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan | § Melibatkan warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan. | Mengambil keputusan kelas secara bersama melalui |
| | kewajiban dirinya dan orang lain. | § Menciptakan suasana sekolah yang menerima perbedaan. Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka. | § musyawarah dan mufakat. § Pemilihan kepengurusan kelas secara terbuka. § Seluruh produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat. Mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif. |
| 9. Rasa Ingin Tahu | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar. | § Menyediakan media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah. § Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. | § Menciptakan suasana kelas yang mengundang rasa ingin tahu. § Eksplorasi lingkungan secara terprogram. § Tersedia media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik). |
| 10. Semangat Kebangsaan | Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. | § Melakukan upacara rutin sekolah. § Melakukan upacara hari-hari besar nasional. § Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional. § Memiliki program melakukan kunjungan ke tempat bersejarah. § Mengikuti lomba pada hari besar nasional. | § Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi. § Mendiskusikan hari-hari besar nasional. |
| 11. Cinta Tanah Air | Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. | § Menggunakan produk buatan dalam negeri. § Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. § Menyediakan informasi (dari sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia. | § Memajangkan: foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia. § Menggunakan produk buatan dalam negeri. |
| 12. Menghargai Prestasi | Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain. | § Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah. § Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi. | § Memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik. § Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi. § Menciptakan suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi. |
| 13. Bersahabat/ Komuniktif | Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. | § Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antarwarga sekolah. § Berkomunikasi dengan bahasa yang santun. § Saling menghargai dan menjaga kehormatan. § Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban. | § Pengaturan kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik. § Pembelajaran yang dialogis. § Guru mendengarkan keluhan-keluhan peserta didik. § Dalam berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik. |
| 14. Cinta Damai | Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya | § Menciptakan suasana sekolah dan bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis. § Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan. § Membiasakan perilaku warga sekolah yang tidak bias gender. § Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang. | § Menciptakan suasana kelas yang damai. § Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan. § Pembelajaran yang tidak bias gender. § Kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang. |
| 15. Gemar Membaca | Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. | § Program wajib baca. § Frekuensi kunjungan perpustakaan. § Menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca. | § Daftar buku atau tulisan yang dibaca peserta didik. § Frekuensi kunjungan perpustakaan. § Saling tukar bacaan. Pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi |
| 16. Peduli Lingkungan | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. | § Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah. § Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan. § Menyediakan kamar mandi dan air bersih. § Pembiasaan hemat energi. § Membuat biopori di area sekolah. § Membangun saluran pembuangan air | § Memelihara lingkungan kelas. § Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas. § Pembiasaan hemat energi. § Memasang stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan apabila selesai digunakan |
| 17. Peduli Sosial | Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. | § Memfasilitasi kegiatan bersifat sosial. § Melakukan aksi sosial. § Menyediakan fasilitas untuk menyumbang. | § Berempati kepada sesama teman kelas. § Melakukan aksi sosial. § Membangun kerukunan warga kelas. |
| 18. Tanggung jawab | Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. | § Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis. § Melakukan tugas tanpa disuruh. § Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat. § Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas. | · Pelaksanaan tugas piket secara teratur. · Peran serta aktif dalam kegiatan sekolah. · Mengajukan usul pemecahan masalah. |
Jumat, 06 April 2012
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Langganan:
Posting Komentar (Atom)



Tidak ada komentar:
Posting Komentar