Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005,kurikulum untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi :
- Kelompok Mata pelajaran agama dan Akhlak Mulia
- Kelompok Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Kepribadian
- Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
- Kelompok Mata pelajaran Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
Cakupan kelompok mata pelajaran seperti terurai dibawah ini :
- Agama dan Akhlak Mulia : Untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia,berestetika,berbudi pekerti ,atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
- Kewarganegaraan dan Kepribadian : Untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.Kesadaran dan wawasan kebangsaan,jiwa dan patriotisme bela Negara,penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia,memajukan bangsa,pelestarian lingkungan hidup,taat hukum,ketaatan membayar pajak,dan sikap serta prilaku anti KKN.
- 3.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi : Untuk mengenal,menyikapi,dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi,serta menanamkan kebiasaan berfikir dan berprilaku ilmiah yang kritis kreatif dan mandiri
- Estetika :
- Untuk meningkatkan sensitivitas, Kemampuan mengekpresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.kemampuan tersebut mencakup apresiasi dan ekspresi,baik dalam kehidupan individual sehingga mampu mensyukuri hidup maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga menciptakan kebersamaan yang harmonis.
- Jasmani ,Olahraga dan Kesehatan : Untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.Budaya hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari prilaku seksual bebas,kecanduan narkoba,HIV/AIDS,deman berdarah,muntaber,dan penyakit lainnya yang potensial mewabah.
Selanjutnya dalam pasal 7 peratuarn Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan pula bahwa :
- Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia pada SD/MISDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika,jasmani, olahraga dan kesehatan.
- Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan kegiatan agama, khlak, mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni budaya dan pendidikan jasmani.
- Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, ketrampilan, kejujuran, dan muatan lokal yang relevan.
- 4.Kelompok Mata pelajaran Estetika pada SD/MI/SDLB/Paket.A dilaksanakan melalui muatan dan kegiatan bahasa,seni budaya, ketrampilan, dan muatan lokal yang relevan.
- 5.Kelompok Mata Pelajaran Jasmani,Olahraga dan Kesehatan pada SD/MI/SDLB/Paket A dilaksanakan melalui muatan dan kegiatan pendidikan jasmani, olahraga,pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lok Berdasarkan ketentuan di atas Struktur Kurikulum MIS Babakan Ranji yang relevan.
Berdasarkan ketentuan di atas Struktur Kurikulum MIS Babakan Ranji memuat pelajaran wajib,muatan local,dan pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut :
A. Kurikulum Nasional
B. Pengembangan Kurikulum MIS. Babakan Ranji
Keterangan
1 Jam pelajaran alokasi waktu 35 menit
Kelas 1,2 dan 3 pendekatan tematik, alokasi waktu pertama pelajaran 35 menit
Kelas 4,5 dan 6 pendekatan mata pelajaran
A. Kurikulum Nasional
NO | Komponen | Alokasi waktu | |||
A. | Mata Pelajaran | I | II | III | IV,V,dan VI |
1 | Pendidikan Agama Islam | Pendekatan Tematik | 3 | ||
2 | Pendiddikan Kewarganegaraan | 2 | |||
3 | Bahasa Indonesia | 5 | |||
4 | Matematika | 5 | |||
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | |||
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 3 | |||
7 | Seni Budaya dan Ketrampilan | 4 | |||
8 | PJOK | 4 | |||
B | Muatan Lokal | ||||
a. Bahasa Sunda | 2 | ||||
b. Bahasa Inggris | |||||
c. TIK | |||||
C | Pengembangan Diri | ||||
Jumlah perminggu | 27 | 27 | 28 | 32 | |
B. Pengembangan Kurikulum MIS. Babakan Ranji
NO | Komponen | Alokasi waktu | |||
A. | Mata Pelajaran | I | II | III | IV,V,VI |
1 | Pendidikan agama Islam | T E M A T I K | T E M A T I K | T E M A T I K | 3 |
2 | Pendiddikan Kewarganegaraan | 2 | |||
3 | Bahasa Indonesia | 5 | |||
4 | Matematika | 5 | |||
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | |||
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 3 | |||
7 | Seni Budaya dan Ketrampilan | 4 | |||
8 | PJOK | 4 | |||
B | Muatan Lokal | ||||
1.Wajib : Bahasa sunda | 2 | 2 | 2 | 2 | |
: PLH | 2 | 2 | 2 | 2 | |
3.Pilihan : Bahasa Inggris | - | - | - | 2 | |
4.Pilihan : TIK | - | - | - | 2 | |
C | Pengembangan Diri | 2*) | 2*) | 2*) | 2*) |
Jumlah Jam Perminggu | 31 | 31 | 32 | 38 | |
Keterangan
1 Jam pelajaran alokasi waktu 35 menit
Kelas 1,2 dan 3 pendekatan tematik, alokasi waktu pertama pelajaran 35 menit
Kelas 4,5 dan 6 pendekatan mata pelajaran



Tidak ada komentar:
Posting Komentar